Yayasan Baitul insan Ar-rasyid Adakan Wisata Religi

Pam
Yayasan Baitul insan Ar-rasyid Adakan Wisata Religi
Foto: istimewa

OFFSHORE Indonesia - Ziarah kubur adalah pengingat bagi yang hidup akan kematian. Rasulullah Muhammad Saw pernah bersabda, ”Berziarah lah karena itu mengingatkan kalian akan kematian.” Sebuah pengingat bahwa yang masih hidup tak boleh sombong sebab kematian bisa datang kapan saja.

Demikian dikatakan Pimpinan Pondok Pesantren Daarussa’adah Cikidang, KH. Nurdin Abdul Munir dalam tausyiah nya di depan para peserta wisata religi yang diadakan oleh Yayasan Baitul insan Ar-rasyid travel umroh dan haji yang beralamat di jalan Palasari Wates No.35 Kalapanunggal, kabupaten Sukabumi Jawa Barat, pada Minggu (17/10/2021) pagi. 

Selama dalam perjalanan, selain tausyiah, doa dan sholawat pun dilantunkan, dirinya juga mengingatkan bahwa ziarah kubur itu merupakan pengingat. Ziarah kubur bagi umat Islam merupakan cara untuk meningkatkan keimanan.

"Sebab, di saat itulah mereka akan diingatkan seberapa sukses, kaya, dan tingginya tahta yang telah mereka capai di dunia, pada akhirnya akan kembali ke tanah dan dibungkus kain," Ingatnya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, wisata religi tersebut dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-minggu (16, 17/10) dengan tujuan lokasi Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis. 

"InsyaAllah wisata religi ini rencananya berlangsung selama dua hari, Sabtu-minggu. Mudah-mudahan sesuai rencana dan di berikan kelancaran," Kata Ruli Sasmita salah satu panitia yang juga tim manajemen Yayasan. 

Pantauan awak Media saat mengikuti acara, lokasi pertama yang dikunjungi yaitu; makom KH. Panghulu Gusti Panjalu Ciamis, makom Prabu Hariyang Kencana bin Prabu Sanghyang Boros Ngora (situ lengkong Panjalu). Tampak hadir di tengah-tengah rombongan, pimpinan Yayasan Baitul insan Ar-rasyid, Hj. Eti Sumiati, H. Achmad Syarifudin, dan tim manajemen.

Tidak kurang dari seratus peserta/jama'ah mengikuti acara wisata religi itu, mereka berangkat dengan menggunakan dua Bus, dan satu minibus ELF. 

"Minggunya akan berziarah ke Syekh Abdul Muhyi Pamijahan, goa Safarwadi, Syekh khotib ma wahid, Syekh Abdul Jabar Syekh Japar Shodiq Garut," ucap Ruli. 

KH. Nurdin Abdul Munir menambahkan, ziarah kubur menjadi pengingat. dunia hanyalah perlintasan menuju tujuan akhir, yaitu akhirat. "Untuk itulah, agar keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya meningkat, setiap Muslim hendaknya berziarah kubur," pungkasnya.

#Pimpinan   #Pondok   #Pesantren   #Daarussa’adah   #Cikidang   #KH.   #Nurdin   #Abdul   #Munir   #Yayasan   #Baitul   #insan   #Ar-rasyid