Tingkatkan Ekspor Ikan, KKP Akan Bikin Keramba di Perairan Batam

Pam
Tingkatkan Ekspor Ikan, KKP Akan Bikin Keramba di Perairan Batam
Foto: Menteri KKP Edhy Prabowo

OFFSHORE Indonesia - Untuk meningkatkan nilai ekspor ikan Indonesia dari kepulauan Batam, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mendirikan keramba-keramba di perairan kepulauan Batam. 

Rencananya keramba itu akan berada di selatan Batam dengan ikan berkualitas tinggi sehingga mampu meningkatkan nilai ekspor. Menurut Menteri KKP, Edhy Prabowo, Batam memiliki potensi budidaya ikan yang sangat besar.

“Tidak perlu tempat besar dan kita bisa memproduksi berapa saja pun bisa. Seperti bawal, kerapu, lobster adalah ikan-ikan yang bisa kita budidayakan sendiri dan permintaannya dari Singapura cukup besar. Yang kita butuhkan sekarang adalah memperbesar jumlah masyarakat yang melakukan budidayanya. Kita harus memanfaatkan potensi ini dan pasar yang ada di depan mata,” kata Edhy, Kamis (2/7/2020).

Dia katakan lebih lanjut,  kalau dana APBN terbatas para petani budidaya bisa memanfaatkan dana KUR yang berjumlah Rp159 triliun belum seluruhnya terserap.

“KKP pun punya dana Badan Layanan Umum (BLU) untuk usaha modal kelautan dan perikanan yang besarnya 1,3 triliun dengan bunga yang hanya 3 persen. Saya berharap ini bisa kita jalankan dengan bantuan Pak Menko (Maritim dan Investasi),” tutupnya.

#Menteri   #KKP   #Edhy   #Prabowo   #keramba   #