Elnusa Berperan Aktif dalam Proyek Penyisipan Segmental Partial Replacement Main Oil Line XAP ke MGS Balongan PT Pertamina EP

Pambudi
Elnusa Berperan Aktif dalam Proyek Penyisipan Segmental Partial Replacement Main Oil Line XAP ke MGS Balongan PT Pertamina EP
Foto: Humas Elnusa

Jakarta,  Offshore Indonesia- PT Elnusa Tbk (Elnusa) Perusahaan jasa energi terkemuka yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, turut serta berperan aktif dalam Proyek Penyisipan (Segmental Partial Replacement) Main Oil Line XAP ke MGS Balongan, yang terletak di wilayah Kerja  X-Ray Jatibarang Field Lepas PT Pertamina EP Pantai Laut Jawa, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Pekerjaan ini merupakan upaya  menjaga kehandalan asset untuk menunjang produksi, dilakukan mulai dari 4 April 2023 sampai dengan 16 Agustus 2023 diluar fase Persiapan dan Engineering. Atas rampungnya pekerjaan tersebut dan sebagai wujud rasa syukur, Elnusa bersama dengan PT Pertamina EP selaku pemilik proyek menggelar closing seremoni Main Oil Line XAP, Senin (06/11).

Dalam pekerjaan ini Elnusa melaksanakan lingkup pekerjaan mulai dari Masa Persiapan Kerja & Perijinan, Project Management Team, Detail Teknis, Survey Pre-Installation, Pengadaan, Konstruksi, Sampel Pipa, Commissioning & Start-Up (Pengujian dan Fase Awal), Post Lay Survey Survey Paska Pekerjaan, dan Sertifikasi. Dari Aspek Kinerja HSSE, Elnusa juga menorehkan catatan positif dalam proyek ini dengan mencatatkan 0 Lost Time Incident (LTI) dengan total 832 jam kerja selamat dan 426.151 total Jam kerja tanpa kecelakaan.

Direktur Operasi Elnusa Charles Harianto Lumbantobing mengatakan bahwa proyek ini merupakan langkah strategis bagi Elnusa sebagai Perusahaan jasa energi terkemuka yang berkomitmen untuk memberikan solusi total. “Kami memahami sepenuhnya bahwa proyek ini memiliki dampak signifikan pada integritas dan kelangsungan produksi di lapangan X-Ray. Dengan tekad dan dedikasi, kami mampu menyelesaikan issue integritas yang telah menyebabkan Lost Production Opportunity (LPO),” kata Charles.

Lebih lanjut Charles menambahkan, “Elnusa telah menjalankan seluruh cakupan pekerjaan dengan komitmen tinggi. Kami siap untuk terus berperan aktif dalam proyek-proyek berikutnya yang akan memajukan industri energi di Indonesia".

Sementara itu, General Manager PT Pertamina EP Zona 7, Afwan Daroni, mengapresiasi kinerja dan dedikasi seluruh tim baik dari Pertamina EP dan Elnusa yang sudah menyelesaikan project ini dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan kerja. “Melalui sinergi yang luar biasa antar anak usaha Pertamina ini, kami berharap dapat meningkatkan kehandalan pipa alir XAP – MGS Balongan agar dapat meningkatkan produksi Migas Nasional," pungkas Afwan.

#Elnusa   #PT   #Pertamina   #EP