Raih Penghargaan CSR Award 2022, Pertamina Dinilai Berhasil Gerakkan Perekonomian Nasional

Pam
Raih Penghargaan CSR Award 2022, Pertamina Dinilai Berhasil Gerakkan Perekonomian Nasional
Foto: humas Pertamina

Offshore Indonesia - Komitmen dan peran aktif Pertamina sebagai salah satu BUMN Indonesia dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), dinilai mampu menciptakan nilai ekonomi dan sosial yang berkelanjutan untuk menggerakkan perekonomian nasional. Atas hal ini, Pertamina mendapatkan penghargaan CSR Award 2022 dalam bidang Ekonomi. 

Republika yang memberikan penghargaan tersebut pun menyampaikan alasannya. Pertamina dinilai mampu mengintegrasikan isu dan tantangan sosial ke dalam penciptaan nilai ekonomi, diantaranya turut serta memfasilitasi upaya pemberdayaan UMKM yang sejalan dengan bisnis dan operasi perusahaan.

"Ini gelaran pertama Republika yang khusus untuk CSR. Kita laksanakan sebagai tanda terima kasih kita kepada korporasi yang sudah secara serius menggarap program CSR-nya untuk benar-benar memberdayakan masyarakat," kata Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi.

Pertamina memang sudah sejak lama mengambil peran konstruktif dalam menciptakan ekosistem yang lebih baik lagi bagi UMKM dengan memberikan pendampingan agar UMKM menjadi mandiri dan berkembang. 

Untuk mewujudkan UMKM naik kelas, Pertamina terus mendukung UMKM binaannya untuk meningkatkan skala usahanya dengan berbagai program pembinaan UMKM Academy, seperti memberikan akses permodalan, pelatihan, bantuan sertifikasi, dan perluasan pemasaran, sehingga terwujud UMKM naik kelas yang tangguh dan mandiri, sekaligus memberikan multiplier effect bagi perekonomian Indonesia. Beberapa program unggulan lainnya yang bersifat CSV (Creating Shared Value) diantaranya Pinky Movement dan Enduro Enterpreneurship Program juga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. 

“Sejak tahun 1993, tercatat lebih dari 66.000 UMKM telah menjadi mitra binaan Pertamina  dan tak kurang dari 1 juta penduduk Indonesia merasakan dampak langsung yang diciptakan,” ungkap Fajriyah Usman, VP CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero) saat menerima penghargaan tersebut di Jakarta pada Selasa, 27 September 2022.

Penghargaan ini tambah Fajriyah, merupakan amanah dan juga sekaligus kebanggaan bagi Pertamina karena memang selama ini Pertamina sudah sangat konsisten menjalankan pemberdayaan masyarakat untuk bisa membantu pergerakan perekonomian Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir juga mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang mendapatkan penghargaan. Kementerian BUMN terus mendorong TJSL di BUMN untuk fokus kepada tiga hal yaitu pendidikan, lingkungan hidup, dan pemberdayaan UMKM. 

“Jangan kita melakukan CSR yang selesai sampai di sini, keberlanjutan menjadi suatu hal yang penting dan menjadi fondasi yang baik ke depannya,” ungkap Erick.

#Pertamina   #Fajriyah   #Usman   #Penghargaan   #CSR   #Award   #2022