Elnusa Dukung Pengelolaan Air Perumda Tirta Rangga Kab Subang Berbasis Internet of Things

Pam
Elnusa Dukung Pengelolaan Air Perumda Tirta Rangga Kab Subang Berbasis Internet of Things
Foto: Humas Elnusa

Offshore Indonesia - PT Elnusa Tbk (Elnusa) dan afiliasinya bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Rangga Kabupaten Subang melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Bukti Konsep (Proof of Concept) Teknologi Smart Retrofit pada tanggal 16 September 2022 dengan acara seremonial dilaksanakan di Sariater Hotel Resort, Ciater, Subang.

Smart Retrofit yang dikembangkan oleh Elnusa bertujuan untuk mendukung pengelolaan air di Kabupaten Subang, Jawa Barat dan juga sebagai jawaban dari tantangan industri di era 4.0. Sistem yang berbasis internet of things (IoT) ini merupakan solusi untuk mengurangi tingkat kehilangan air atau non-revenue water (NRW) perusahaan penyedia air serta memudahkan masyarakat dalam mengatur penggunaan air di rumah. Rencana pengembangan teknologi Smart Retrofit akan berlangsung selama tiga bulan sejak penandatanganan Perjanjian Kerja Sama. 

Perjanjian Kerja Sama Bukti Konsep (Proof of Concept) ini ditandatangani oleh Direktur Pengembangan Usaha  PT Elnusa Tbk Ratih Esti Prihatini dan Direktur Utama PERUMDA Air Minum Tirta Rangga Kenny Kaparang. Ceremonial kerjasama dihadiri oleh Direktur PT Sigma Cipta Utama (Anak Perusahaan PT Elnusa Tbk) Adi Yatama Adi Guna sebagai perwakilan PT Elnusa Tbk dan Jajaran Direksi Perumda Tirta Rangga Kabupaten Subang dengan disaksikan oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si.

Direktur Pengembangan Usaha PT Elnusa Tbk Ratih Esti Prihatini di tempat terpisah menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan sinergi antara Pemerintah Daerah dan Perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Pengembangan teknologi IoT yang kami lakukan merupakan kontribusi Elnusa dan afiliasinya untuk mendukung smart city di Indonesia dan pada khususnya di Kabupaten Subang, Jawa Barat.” Kata Ratih. 

Ratih menambahkan bahwa teknologi IoT yang dikembangkan dapat memberikan keuntungan baik bagi PERUMDA sebagai penyedia distribusi air maupun bagi para pelanggan. Keuntungan yang di dapat dari sisi PERUMDA yakni, data pembacaan meter lebih akurat, realtime dan online, sehingga PERUMDA dapat memonitor dengan cepat apabila terjadi kehilangan air (Non Revenue Water) serta dapat terintegrasi dengan billing system yang ada. Sedangkan dari sisi pelanggan, keuntungan yang didapatkan antara lain memperoleh tagihan yang lebih akurat, pelanggan dapat memonitor dan mengevaluasi penggunaan air. “Elnusa melalui solusi totalnya terus mengembangkan berbagai inovasi untuk meningkatkan kapasitas nasional. Teknologi Smart Retrofit L-NM merupakan solusi yang kami tawarkan untuk memudahkan pengelolaan suplai air ke pelanggan,” tambahnya.

Elnusa berkomitmen memberikan pelayanan melalui solusi total dalam mendukung program Pemerintah. Salah satunya yaitu dalam pengelolaan sumber daya air yang sekaligus memenuhi ekspektasi masyarakat, utamanya kepada perusahaan daerah.

#Elnusa   #Smart   #Retrofit   #PERUMDA   #Air   #Minum   #Tirta   #Rangga   #