BKSDA dan Pemerintah Daerah Harus Pertimbangkan Kawasan Panasbumi

Pam
BKSDA dan Pemerintah Daerah Harus Pertimbangkan  Kawasan Panasbumi
Foto: istimewa

Offshore Indonesia - Usulan perubahan status Gunung Guntur di Kabupaten Garut, Jawa Barat, dari Cagar Alam menjadi Taman Wisata Alam (TWA) telah diusulkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah V/Garut. Namun usulan itu masih dalam tahap evaluasi dan ditargetkan selesai pada 2022.

Menanggapi usulan dari BKSDA Wilayah V Garut itu mendapat tanggapan dari Ketua Umum Asosiasi Daerah Penghasil Panas Bumi Indonesia (ADPPI) Hasanuddin, dalam keterangan kepada media, "Pihak BKSDA dan Pemerintah Daerah juga harus mempertimbangkan kawasan tersebut, Gn. Papandayan, Kamojang, Darajat dan Guntur juga merupakan Kawasan Panasbumi."

Ditambahkan Hasanuddin lagi, "Sebab keberadaan sumber daya alam atau memiliki potensi panas bumi, maka kawasan itu juga telah ditetapkan sebagai Kawasan Panas bumi."

Berdasarkan fakta yang diketahui menurut Hasanuddin beberapa Kawasan tersebut sudah digunakan atau dimanfaatkan untuk pemanfaatan panas bumi secara langsung dan tidak langsung.

"Untuk pemanfaatan langsung, Kawasan Papandayan, Kamojang, Darajat dan Guntur sudah dimanfaatkan untuk kepentingan wisata air panas bumi. Dan Untuk Darajat, Kamojang sudah dimanfaatkan untuk pemanfaatan tidak langsung Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP). Begitu juga, kemungkinan di masa depan akan menyusul Potensi Panas bumi Papandayan dan Gn. Guntur," bebernya.

Dalam pemanfaatan untuk kedua hal ini, telah memiliki mitigasi untuk mengurangi resiko pemanfaatan. Sehingga kawasan tersebut dapat digunakan untuk pengusahaan panas bumi. Demikian juga terkait pemeliharaan ekosistemnya.

"Kami berharap, dalam penentuan fungsi kawasan ini, dapat dipahami bahwa suatu kawasan dapat multi fungsi tergantung juga potensi yang dimiliki kawasan tersebut. Tidak semata alih fungsi, karena perubahan kondisi alamnya. Hal ini perlu koordinasi dan pengertian antar pemangku kepentingan di daerah," pungkasnya. 

 

#Ketua   #Umum   #Asosiasi   #Daerah   #Penghasil   #Panas   #Bumi   #Indonesia   #(ADPPI)   #Hasanuddin   #kawasan   #panas   #bumi