Tancap Gas Program Digitalisasi

Kilang Pertamina Internasional Unit Cilacap Miliki Strategic Command Center

Pam
Kilang Pertamina Internasional Unit Cilacap Miliki Strategic Command Center
Foto: istimewa

OFFSHORE Indonesia - Mengawali agenda tahun baru 2022 PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) unit Cilacap meresmikan ruang kendali, Strategic Command Center (SCC) di area Head Office (HO). Kehadiran SCC ini sebagai inisiasi program pengendalian untuk memantau kondisi kilang di saat operasional maupun maintenance.

Ruang kendali yang terletak di lantai 2 gedung HO PT KPI RU IV Cilacap diresmikan penggunaannya oleh General Manager (GM) PT KPI RU IV, Eko Sunarno bersama seluruh jajaran manajemen ditandai dengan penandatanganan prasasti dan virtual touch, Jumat (31/12/2021). 

Senior Manager Operations & Manufacturing (SMOM) RU IV, Didik Subagyo mengatakan, SCC merupakan media pengawasan dan monitoring manajemen. Selain itu, sebagai upaya transformasi digitalisasi aspek bisnis di Pertamina untuk meningkatkan kecepatan pengambilan keputusan. "Seluruh aktivitas dan permasalahan kilang dapat terpantau ketat oleh manajemen sehingga mudah dicarikan solusi dari segala cakupan pada masing- masing bidang," jelasnya. 

SCC, lanjut Didik memiliki beberapa monitor yang menampilkan dashboard proses bisnis RU IV yang terdiri dari monitor Value Creation dan Value Protection. “Monitor Value Creation merupakan dashboard utama yang terdiri dari Financial Dashboard, Dashboard Arus Minyak, Process & Quality Dashboard, serta Competency Dashboard sebagai sistem monitoring sertifikasi dan pembinaan pekerja. Sedangkan monitor Value Protection terdiri dari HSSE Dashboard, Reliability Dashboard, Maintenance Dashboard dan BOC Dashboard,” katanya. 

GM Eko Sunarno mengapresiasi inisiatif ini sebagai upaya tancap gas transformasi digital di Pertamina sebagai sebuah keharusan di era saat ini. “Hal ini sejalan dengan upaya transformasi digitalisasi di tubuh Pertamina dan tren transisi energi dunia pada 2021 dimana Pertamina mengusung 6G yaitu Go Sustainable, Go Green, Go Collaborative, Go Digital, Go Productive & Efficient dan Go Global,” imbuhnya.

#PT   #Kilang   #Pertamina   #Internasional   #(KPI)   #unit   #Cilacap   #Strategic   #Command   #Center