Pamiarsa Manfaatkan Larva Maggot Olah Sampah untuk Jadi Sampah Organik

Pam
Pamiarsa Manfaatkan Larva Maggot Olah Sampah untuk Jadi Sampah Organik
Foto: istimewa

OFFSHORE Indonesia  - Untuk menjalin silaturahmi dan kemitraan, pengurus paguyuban warga Mitra usaha bersama (Pamiarsa) mengadakan kunjungan sekaligus silaturahmi ke pemdes Kalapanunggal, kecamatan Kalapanunggal, kabupaten Sukabumi, pada Rabu, (5/1/2022) pukul 14.20 -15.30 wib. Dalam kunjungan silaturahmi itu, pengurus Pamiarsa diterima langsung oleh kepala Desa Kalapanunggal, Hendra Suhendra dan jajarannya. 

Ketua Pamiarsa, Ujang Yusup menyampaikan terimakasih kepada pemdes kalapanunggal dan jajaran yang telah meluangkan waktunya menerima dengan baik atas kunjungannya tersebut. "Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada pak kades dan pemdes kalapanunggal yang sudah menerima silaturahmi ini, " Kata Ujang Yusup. 

Dalam kesempatan yang baik tersebut, Ujang Yusup menyampaikan beberapa kegiatan di paguyuban, salah satunya pemanfaatan sampah organik, yaitu pengolahan sampah dengan larva maggot. "Pengolahan sampah organik ini menerapkan sistem 3R (reuse, reduce, recycle) dengan menggunakan larva manggot sebagai proses biokonversi, alhamdulillah selama ini kegiatan hasil swadaya," ujar Ujang Yusup atau yang akrab disapa kang Ucut. 

Sementaranya itu, kepala desa Kalapanunggal, Hendra Suhendra menyambut baik apa yang disampaikan oleh Pamiarsa, bahkan diri-Nya sangat mensupport kegiatan-kegiatan yang tengah dilakukan oleh paguyuban yang bersekretariat di Cirangkong No.39 RT 017/007 desa Makasari tersebut. 

"Saya sangat mensupport, ini bagus dan sangat membantu khususnya dalam mengatasi sampah dan pemanfaatannya," Terang Hendra Suhendra. 

Menutup perbincangan, ketua Pamiarsa Ujang Yusup memperlihatkan dan pengenalan produk maggot kering yang sudah dikemas ke kepala desa, dan staff yang mendampinginya untuk kemudian diakhiri dengan foto bersama.

#Pamiarsa   #Ujang   #Yusup