Lapor Pak Erick, Ini Alasan Pengusaha Pom Bensin Kenapa Toilet di SPBU Selama Ini Dipungut Bayaran

Pardosi
Lapor Pak Erick, Ini Alasan Pengusaha Pom Bensin Kenapa Toilet di SPBU Selama Ini Dipungut Bayaran
Ilustrasi

Hiswana Migas atau Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas akhirnya angkat bicara menyusul hebohnya toilet berbayar di SPBU. Sebagai mitra resmi Pertamina di bidang energi minyak dan gas, Hiswana Migas sangat memahami bahwa toilet di SPBU adalah bagian dari pelayanan kepada konsumen, sehingga kebersihan toilet untuk memberikan kenyamanan pada konsumen merupakan sebuah kewajiban.

Rachmad Muhammadiyah, Ketua Umum DPP Hiswana Migas menegaskan pihaknya senantiasa menjaga kenyamanan pengunjung dengan tetap menjaga kebersihan toilet. 

"Namun sebagai informasi, toilet di SPBU apabila tidak dijaga secara khusus oleh petugas kebersihan seringkali terjadi kehilangan peralatan seperti gayung, keset, tempat sampah, dan bahkan bola lampu," ujar Rachmad dalam keterangannya, Rabu (24/11/2021).

Kondisi demikian, sambung Rachmad, menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengunjung SPBU berikutnya. Atas dasar itulah, pengelola SPBU menempatkan petugas kebersihan guna menjaga kenyamanan pengunjung. 

Menurut Rachmad, saat ini ada toilet SPBU yang berbayar tetapi ada juga yang sifatnya hanya sukarela saja. "Dan dana yang terkumpul biasanya digunakan untuk petugas kebersihan yang menjaga fasilitas toilet tersebut," ujarnya.

Kendati begitu, Hiswana Migas tetap akan berkoordinasi dengan pengusaha maupun Pertamina terkait adanya arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir untuk menggratiskan layanan toilet di SPBU.

"Agar semua fasilitas toilet di SPBU bisa gratis untuk konsumen," pungkas Rachmad.