Kemenko Marves Apresiasi Upaya Cepat Pemadaman Tangki Terbakar di Cilacap

Doci
Kemenko Marves Apresiasi Upaya Cepat Pemadaman Tangki Terbakar di Cilacap
Kilang Cilacap

Peristiwa kebakaran tangki Pertalite di kilang minyak milik Pertamina di Cilacap Jawa Tengah pada Sabtu (13/11/2021k malam akhirnya sudah berhasil dilokalisir. Aksi cepat PT Kilang Pertamina Indonesia (KPI) juga mendapat apresiasi dari Kemenko Maritim dan Investasi.

"Sesuai laporan yang saya dapat dari Dirut PT KPI, Djoko Priyono, penyebab kebakaran tangki Pertalite tersebut masih terus ditelusuri," ujar Basilio Dias Araujo, Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Energi dan Maritim Kemenko Marves, Minggu (14/11/2021).

Deputi Basilio menyebutkan, KPI telah melakukan upaya pemadaman dan penyekatan dengan pendinginan atas tangki tangki lainnya yang terdekat agar api tidak merambat.

Selain itu, warga Kelurahan Lomanis sekitar 80 jiwa terutama ibu dan anak juga telah diungsikan ke aula kelurahan dan mesjid. "Kemudian semalam semua sudah kembali ke kediaman masing-masing. Kemudian, tidak ada luka baik di masyarakat maupun petugas," ujar Basilio.

Diketahui, Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.