RSUD Cendrawasih Dobo Peringati HKN 2021 Sehat NegeriKu, Tumbuh IndonesiaKu

Redaksi
RSUD Cendrawasih Dobo Peringati HKN 2021 Sehat NegeriKu, Tumbuh IndonesiaKu
Foto: istimewa

OFFSHORE Indonesia  - Dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-57 Tahun, yang jatuh setiap tanggal 12 November,  Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Cendrawasih Dobo,Kabupaten Kepulauan Aru, dr. Wati Gunawan, M.Kes beserta seluruh staf melaksanakan upacara di pelataran RSUD. 

Dalam upacara HKN 2021 yang penuh hikmat pada hari Jumat 12 November 2021 itu, Dirut RSUD yang membacakan  isi pidato dari Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyebutkan bahwa lima puluh tujuh tahun bukanlah usia yang singkat. Banyak pencapaian pembangunan kesehatan yang sudah diraih. Namun saat ini dan kedepannya masih banyak kendala dan tantangan yang perlu kita hadapi bersama, berkolaborasi secara profesional yang dilandasi moral, tetap harus kita kedepankan terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19 seperti yang kita alami saat ini.

Dirut RSUD Cendrawasih Dobo, dr. Wati melanjutkan, sebagaimana kita ketahui, pandemi COVID-19 merupakan krisis kesehatan global dengan lebih dari 200 juta kasus dan 4,7 juta kematian yang dikonfirmasi dilaporkan terjadi di 225 negara hingga awal Oktober 2021.

"Pelaksanaan peringatan HKN ke-57 merupakan momentum untuk kita bersyukur karena Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menurunkan lonjakan kasus COVID-19 yang disebabkan adanya mutasi virus. Capaian penurunan kasus COVID-19 di Indonesia saat ini sebaiknya tetap membuat kita waspada. Apalagi penyebaran virus Corona dimana memunculkan banyak varian yang tidak bisa diprediksi," katanya mengutip isi pidato tersebut.

Peran serta dari masyarakat sangat dibutuhkan pada saat ini. "Dibutuhkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan dan peningkatan kapasitas 3T (testing, tracing, dan treatment) , serta pelaksanaan vaksinasi COVID-19," kata Wati yang membacakan amanat dari Menkes.

Dengan mengangkat tema “Sehat NegeriKu, Tumbuh IndonesiaKu” diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku pembangunan termasuk masyarakat umum dan khususnya para penggiat sektor kesehatan untuk terus bangkit dari kondisi pandemi COVID-19 agar Indonesia Bangkit Indonesia tumbuh.

Menkes dalam isi pidato yang dibacakan dr. Wati juga berharap, "Semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat sehingga Indonesia bisa Kembali Sehat dan Kembali Tumbuh. Saya berharap rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini dapat menguatkan kepatuhan kita menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan, meningkatkan target vaksinasi COVID-19, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergotong royong dalam menyelesaikan pandemi COVID-19, dan memberikan apresiasi kepada para pihak yang telah memajukan pembangunan bidang kesehatan."

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan, lintas sektor di Pusat dan Daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah di semua lini dalam melaksanakan pembangunan kesehatan sebagai sebuah perjuangan untuk selamatkan bangsa dari pandemi COVID-19 dan mewujudkan Indonesia semakin sehat dan tumbuh menjadi bangsa besar yang kuat," lanjut dr. Wati membacakan isi pidato tersebut. 

Selain menggelar upacara, selanjutnya diisi acara lomba Tik Tok bertemakan kesehatan gerakan cuci tangan yang benar. Peserta yang terlibat masing–masing ruangan pelayanan rawat inap dan rawat jalan. Perlombaan berlangsung meriah dan semangat. Pemenang lomba Tik Tok juara pertama diraih Ruangan Anak, juara II diraih oleh bagian Rawat Jalan IGD dan juara III jatuh pada Ruangan Inap VIP. Setelah pemberian hadiah dilanjutkan dengan makan bersama seluruh unsur pegawai di lingkup RSUD Cendrawasih Dobo.

#RSUD   #Cendrawasih   #Dobo   #Direktur   #Rumah   #Sakit   #Umum   #Daerah   #dr.   #Wati   #Gunawan.M.Kes   #Hari   #Kesehatan   #Nasional   #Ke   #57   #Tahun   #2021