Berawal Ingin Bisnis Somay, Malahan Jadi Restoran Makanan Jepang Nomi Nomi Delight

Pam
Berawal Ingin Bisnis Somay, Malahan Jadi Restoran Makanan Jepang Nomi Nomi Delight
Dok: Nomi Nomi Delight

OFFSHORE Indonesia - Kadang usaha yang dijalankan bisa dimulai dari hal yang tak disangka. Karena ingin buka usaha somay tapi tertipu, akhirnya mendirikan restoran Jepang, Nomi Nomi Delight.

Itulah cerita awal Rifqi Mohamad saat dijumpai Offshore Indonesia di restoran Nomi Nomi delight Kalimalang, Jakarta Timur beberapa waktu lalu. 

"Berdirinya Nomi Nomi Delight ini secara gak sengaja. Awalnya, saya ingin bikin usaha jualan somay. Tapi sewaktu ingin usaha somay, saya ditipu sama orang yang mau bantu saya," jelas Rifqi.

Kejadian yang menimpa Rifqi bukan membuat dirinya kecut untuk berbisnis. Apa yang dialami dianggap sebagai penyemangat. Dia pun mengambil hikmahnya, karena dibalik musibah pasti ada hal baik yang akan menghampirinya. Ternyata apa yang dipercayainya itu terjawab. 

Siapa sangka saat itu salah seorang pamannya menawarkan sebuah tempat di kawasan Rawamangun. Mendapat tawaran tersebut, Rifqi pun melihat lokasi untuk usahanya. Saat melihat tempat itu, dia tak percaya. Karena ruang usahanya besar. 

"Tempat usaha yang ditawarkan Om saya ternyata besar sekali. Saya langsung bilang kalau untuk jualan somay terlalu besar. Akhirnya, saya berpikir untuk mengganti usaha lain yang sesuai dengan ruangannya," kata Rifqi

Tanpa berpikir lama,Rifqi pun memutuskan untuk memanfaatkan tempat itu menjadi restoran makanan Jepang. Alasan dirinya memilih menu makanan Jepang lantaran dia sangat menyukai makanan Jepang. Selain itu pula, dia melihat masyarakat Indonesia juga gemar makan masakan Jepang. Hal itu dia lihat salah satu restoran Jepang terkenal di Indonesia pun masih tetap eksis sampai sekarang. Karena itu dia tak takut untuk kehilangan konsumennya.

Selama 10 bulan Rifqi menyiapkan segala keperluan untuk resto pertamanya. Bahkan untuk memperdalam pengetahuan soal makanan Jepang, Rifqi pun pergi ke Jepang. Di sana dia mencari tahu menu apa yang pas untuk disediakan di restorannya.

"Iya persiapan selama 10 bulan sejak Oktober 2014. Saat persiapan itu juga saya menyempatkan diri ke Jepang. Di sana saya mencari tahu soal jenis makanan,bahan,rasa,dan cara penyajian. Saya merasa makanan yang di Jepang agak kurang pas dengan lidah orang Indonesia. Jadi mesti ada sedikit variasi bumbu. Rasa makanan di Jepang itu plain. Kurang pas dengan kita," jelasnya.

Persiapan lama yang dilakukan membuahkan hasil. Restoran Nomi Nomi Delight pun resmi dibuka pada tanggal 15 Agustus 2015 di Rawamangun. Memang untuk menjalankan usaha Nomi Nomi delight ini membutuhkan kesabaran.

"Untuk jalankan bisnis ini membutuhkan kesabaran. Apalagi kita baru buka pada saat itu. Dan kita juga bersaing dengan reatoran Jepang lainnya. Konsumen yang datang ke tempat kita juga belum banyak pada saat itu. Boleh dibilang pendapatan kita masih tidak sebanding dengan pengeluaran. Tapi saya tidak putus asa dan rela menutupi kekurangan yang ada," ceritanya. 

Usaha ini selain dijadikan sebagai bisnis untuk dirinya sendiri, juga digunakan Rifqi sebagai peluang untuk membuka lapangan pekerjaan. Terutama untuk para anak muda dan kalangan lainnya.

Waktupun terus berlalu, lambat laun usaha yang dijalaninya mulai mendapat atensi dari konsumen. Pelanggan yang datang ke Nomi Nomi delight semakin bertambah. Bahkan Rifqi pun telah berhasil membuka Nomi Nomi Delight di beberapa lokasi antara lain, Galaxy Mall Bekasi, Penggilingan Pulogadung, dan Kalimalang.

"Rata-rata para penikmat msakan Jepang merasa puas dengan makanan yabg disajikan. Karena itu tak jarang mereka kembali lagi untuk makan di sini," jelas Rifqi. 

Untuk bisa dikenal oleh pelanggan lain,Rifqi tidak melakukan hal khusus. Dia dan tim pemasaran hanya menyebarkan info lewat media sosial dan dari mulut ke mulut pelanggan yang datang.

Rifqi memang tidak mematok harga tinggi untuk menu makanan yang disajikan di sini. Semua makanan harga dan rasanya worth it. Jadi sangat pas untuk kocek anak-anak muda dan keluarga yang ingin makan makanan Jepang dengan suasana yang nyaman.

Ada beberapa menu makanan Jepang yang disajikan di Nomi Nomi Delight antara lain Nomi Beef Curry Ramen, Nomi Curry Udon, Nomi Beef Ramen Special, Chicken Katsu Ramen, Black Ramen, Nomi Dory, Nomi Chicken,Spider Web Toast, dan lain-lain. 

Selain menu makanan, Nomi-Nomi Delight juga menyediakan berbagai menu minuman seperti mint tea series, orange series, bloody milkshake, chocolate hazelnut, ice coffee float dan lain-lain.

#Nomi   #Nomi   #Delight   #Rifqi   #Mohamad