Lemak Nian Nih, Bank Mandiri Guyur RAJA Rp 1,5 Triliun Garap Proyek Pipa di Blok Rokan

doci
Lemak Nian Nih, Bank Mandiri Guyur RAJA Rp 1,5 Triliun Garap Proyek Pipa di Blok Rokan

OFFSHORE Indonesia - PT Rukun Raharja Tbk. mendapatkan pinjaman senilai US$108,73 juta dari PT Bank Mandiri (persero) Tbk. untuk membiayai proyek pipa Blok Rokan dengan PT Pertamina Gas atau Pertagas. Jumlah tersebut setara Rp1,57 triliun dengan asumsi kurs Jisdor Selasa (30/3/2021) Rp14.481 per dolar AS.

Mengutip keterbukaan informasi, emiten berkode saham RAJA itu telah menandatangani perjanjian pinjaman senilai US$108,73 dengan Bank Mandiri Mandiri pada 26 Maret 2021. 

Dalam perjanjian itu, perseroan wajib memberikan jaminan berupa fidusia atas barang persedian, jaminan perusahaan dari PT Triguna Internusa Pratama, fidusia atas barang bergerak, fidusia atas piutang, gadai rekening, gadai saham dalam PT Triguna Internusa Pratama, dan hak tanggungan.

Manajemen Rukun Raharja menjelaskan bahwa pinjaman itu akan digunakan membiayai proyek pembangunan dan pengoperasian pipa minyak koridor Balam-Bangko-Dumai dan koridor Minas-Duri-Dumai sepanjang 352 kilometer. 

“[Penggunaan dana untuk] Serta pelaksanaan kegiatan pengangkutan minyak bumi dari wilayah kerja Proyek Rokan,” tulis manajemen Rukun Raharja dikutip dari keterangan resminya, Selasa (30/3/2021). 

Dana pinjaman itu juga untuk melunasi pinjaman dari Bank BNI dengan kredit maksimum US$40 juta, melunasi pinjaman dari Bank HSBC, dan membiayai proyek penyediaan jasa temporary supply point LPG di lokasi pelabuhan rembang oleh PT Heksa Energi Mitraniaga. 

Sebagai informasi, belum lama ini RAJA melakukan kerja sama operasi dengan PT Pertamina Gas atau Pertagas menggarap proyek pembangunan dan pengoperasian pipa minyak bumi proyek Blok Rokan senilai US$300,62 juta. 

Porsi pendanaan kerja sama operasi (joint operation/JO) itu adalah 75 persen untuk Pertagas dan 25 persen oleh perseroan. Dengan demikian, RAJA akan berkontribusi sekitar US$75,15 juta terhadap proyek tersebut. RAJA berencana akan menggelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 27 April 2021 mengingat nilai porsi pendanaan proyek itu merupakan 62 persen dari nilai ekuitas perseroan.

Kabar ini pun mendapat tanggapan dari Direktur Eksekutif CERI Yusri Usman. Menurut Yusri, hanya butuh modal USD 75 juta atau 25 % sebagai mitra investasi Pertagas untuk bangun pipa blok Rokan sekitar USD 300 juta, tetapi bank Mandiri kasih pinjaman USD 108, 73 juta atau setara Rp 1,5 triliun.

“Artinya Rukun Raharja tak perlu merogoh modal sesenpun dari koceknya, malah dapat kelebihan USD 25 juta utk bisa mengejar proyek lainnya. Lemak nian nih,” sindir Yusri, Rabu (31/3).

Padahal, sambung dia, Dirut PT PGN Tbk Suko Hartono seperti dimuat Gatra edisi 51 (15 - 21 Oktober 2020) dengan cover Anak Mantu Megawati di Blok Rokan, di halaman 16 -17, mengatakan jika bermitra tidak memberikan manfaat bagi korporasi atau perusahaan dan malah membawa masalah hukum di kemudian hari, lebih baik tidak bermitra sekalian. PGN masih punya kemampuan keuangan yang baik untuk dapat project financing.

#gas   #pgn   #blokrokan