Kilang Pertamina Cilacap Gelar Lomba Seni Menghias Dinding

redaksi
Kilang Pertamina Cilacap Gelar Lomba Seni Menghias Dinding

OFFSHORE Indonesia – General Manager (GM) Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Joko Pranoto bersama tim manajemen menyemprotkan cat berwarna-warni pada sebuah sketsa sebagai tanda dimulainya lomba mural dalam rangkaian perayaan HUT Pertamina ke-63, yang digelar di sepanjang Jalan Banjaran, Kelurahan Donan, Kabupaten Cilacap, Sabtu (26/12). 

Lomba bertema 'Bio Refinery & Clean Energy' ini dibuka untuk umum yang diikuti 31 tim pekarya seni mural yang ada di Kabupaten Cilacap. Adapun pelaksanaan lomba berlokasi di sepanjang Jalan Banjaran, tepatnya di dinding Kompleks Kilang Pertamina Cilacap yang berbatasan dengan wilayah RW 22, Kelurahan Donan. 

Lomba yang diikuti 31 tim tersebut diatur sesuai protokol Covid-19. Termasuk pada tahap technical meeting serta pertemuan juri telah dilakukan rapid test. "Mohon maaf jika pada seleksi awal ada beberapa calon peserta yang tidak lolos, karena pertimbangan kondisi kesehatan, tidak kami ijinkan mengikuti lomba," ujar ketua panitia Bambang Hadi Ristantyo. Selain itu, imbuhnya mereka juga telah mengikuti seleksi kesesuaian sketsa dengan tema yang ditetapkan. 

GM Pertamina RU IV Joko Pranoto mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan lomba yang pernah diselenggarakan sebelumnya di area KM 70. Harapannya, lanjut Joko, masyarakat bisa menikmati keindahan seni mural melalui kreatifitas peserta. "Rencananya selesai lomba mural kami akan membuat lomba membuat taman di sekitar sini, anggap ini adalah kado ulang tahun dari kami," ujarnya. Menurut Joko, nantinya di atas dinding juga akan dipasang lampu-lampu supaya lebih menambah semarak suasana saat malam hari.

Tema 'Bio Refinery', masih menurut Joko diambil berkaitan dengan tuntutan agar Pertamina mulai beralih mengolah minyak dengan bahan baku dari alam sebagai energi terbarukan. "Berhubungan juga dengan tema 'Clean Energy' yang harapannya ke depan hasil olahan kilang Pertamina RU IV merupakan produk yang bersih dan ramah lingkungan," katanya.

Kompetisi digelar sehari penuh pada hari Sabtu (26/12/2020) dan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 32 juta. Hasil kejuaraan pun langsung diumumkan sore hari  melalui beberapa kriteria penilaian juri. Tampil sebagai juara 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah Tim OneR, Tim Kopi Sachet dan Tim Diam yang masing- masing mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta, Rp 8 juta dan Rp 6 juta. Penghargaan juga diberikan kepada juara harapan 1 sampai 3. 

Pada kesempatan ini pula disampaikan bantuan dana pembinaan untuk 3 masjid dan mushala di wilayah RW 22 Kelurahan Donan, yang diterima ketua RW setempat masing-masing senilai Rp 5 juta dan sejumlah kitab suci Al Qur'an.