Perusahaan Migas Wajib Rutin Tera dan Kalibrasi Alat Ukurnya

redaksi
Perusahaan Migas Wajib Rutin Tera dan Kalibrasi Alat Ukurnya

Industri migas adalah salah satu industri vital, karena berkaitan dengan hajat hidup orang banyak. Oleh sebab itu, keakuratan alat ukur di industri migas sangat penting, baik di sektor hulu maupun hilir, dari tahap produksi hingga distribusi. Sistem alat ukur legal sesuai ketentuan perundang-undangan adalah alat ukur dan perlengkapannya yang dipergunakan baik langsung maupun tak langsung untuk mengukur, menakar, menimbang produk minyak dan gas bumi serta hasil olahannya yang mencakup untuk antara lain, kepentingan umum, usaha, menyerahkan atau menerima barang, menentukan pungutan atau upah, menentukan produk akhir pada suatu perusahaan dan melaksanakan peraturan. Sistem alat ukur pada kegiatan usaha migas terdiri dari sistem tangki ukur darat, terapung, timbangan massa dan meter arus.

Untuk melindungi kepentingan umum di sektor industri dan perdagangan perlu adanya jaminan dalam kebenaran pengukuran serta adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standar satuan, metode pengukuran alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP). Oleh sebab itu, tera dan kalibrasi alat ukur harus rutin dilakukan setidaknya satu tahun sekali.

Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan alat ukur, khususnya timbangan, PT. Intitek Presisi Integrasi memberikan penjelasan tentang dua istilah tersebut. Kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa akurasi sebuah alat ukur masih sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasa dilakukan dengan memperbandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan menggunakan bahan-bahan acuan tersertifikasi.

TERA TIMBANGAN DIGITAL

PT. Intitek Presisi Integrasi yang juga melayani servis timbangan dan kalibrasi atau tera metrologi tersebut juga memberikan penjelasan tentang Tera. Tera ialah hal menandai dengan tanda tera sah atau tanda tera batal yang berlaku, atau memberikan keterangan-keterangan tertulis yang bertanda tera sah atau tanda tera batal yang berlaku, dilakukan oleh pegawai-pegawai yang berhak melakukannya berdasarkan pengujian yang dijalankan atas alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya yang belum dipakai. Alat ukur yang telah diuji tera akan mendapatkan sertifikat dari direktorat tera departemen perdagangan.

Perbedaannya adalah, kalibrasi untuk memenuhi persyaratan ISO atau sistem jaminan mutu produksi, sedangkan tera untuk kepentingan perdagangan memastikan tidak ada kecurangan dalam proses distribusi dan jual beli yang menggunakan alat ukur.Itulah sebabnya, mengapa perusahaan migas wajib melakukan tera dan kalibrasi alat ukur yang digunakan di perusahaannya setiap tahun dan mendapatkan sertifikat tera metrologi untuk masing-masing alat ukur yang digunakan di perusahaan migas.

#tera   #kalibrasi   #migas   #intitek   #presisi   #integrasi   #ipi   #esdm