Dongkrak Devisa Negara, KKP Genjot Ekspor Kerapu

Pam
Dongkrak Devisa Negara, KKP Genjot Ekspor Kerapu
Ekspor ikan

OFFSHORE Indonesia -  Untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi selama masa pandemi Covid-19, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan akan terus menggenjot devisa ekspor dari produksi ikan kerapu. 

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya menggenjot ekspor untuk komoditas unggulan budidaya, termasuk kerapu. Dia menilai, kerapu berpotensi menjadi salah satu unggulan dalam meraup devisa ekspor.

"Pertumbuhan ekonomi kita saat ini sedang tertekan sangat dalam akibat pandemi Covid-19, oleh karenanya salah satu upaya yang harus dilakukan yakni dengan menggenjot nilai ekspor. Sebagai sektor strategis berbasis pangan tentu akuakultur harus mampu berkontribusi lebih besar dalan mendorong pertumbuhan ekonomi. KKP terus berupaya melakukan pengembangan budidaya di kawasan kawasan potensial guna menggenjot produksi," ungkap Slamet dalam keterangannya di Jakarta, Senin (13/7/2020).

Slamet juga memastikan bahwa saat ini market demand untuk kerapu di negara tujuan ekspor kembali terbuka dan menunjukkan trend yang mulai meningkat.

"Negara tujuan ekspor kerapu yakni China sudah kembali membuka impor pasca pandemi Covid-19. Tentu ini peluang besar bagi kita untuk mengisi kekosongan market share yang ada. Market demand yang kembali naik, juga secara langsung memicu geliat usaha budidaya kerapu di berbagai daerah. Saya kira ini yang harus kita dorong terus," pungkas Slamet.

#Ekspor   #kerapu   #KKP