Mantan Presenter Dr Oz Ragukan Manfaat Kalung Eucalyptus Anti Virus Corona

Pam
Mantan Presenter Dr Oz Ragukan Manfaat Kalung Eucalyptus Anti Virus Corona
Dr. Rizal Alaydrus, MPH

OFFSHORE Indonesia - Kalung anti virus Corona yang dibikin oleh Kementerian  Pertanian, kini menjadi viral baik di Medsos maupun di masyarakat. Pendapat dan pertanyaan soal khasiat kalung itu pun bermunculan.

Salah satu pendapat yang meragukan khasiat kalung itu datang dari mantan presenter Dr Oz yang tayang di salah satu tv swasta, Dr Rizal Alaydrus, MPH.   Menurut dia secara medis memang Eucalyptus terbukti sebagai agen anti inflamasi ringan, menaikkan sistem imunitas dan membantu meringankan gejala sakit pada pernapasan.

“Namun jika itu langsung diklaim sebagai anti corona, corona yang mana dulu nih, karena jenis virus corona kan ada bermacam-macam,” ujar Rizal, Selasa (7/7/2020).

Ada beberapa hal yang perlu dipertanyakan sambung Rizal, apakah sudah diuji untuk virus covid-19. Lama ujinya berapa lama? Jikalau sudah,  minimal tolong dibuktikan dengan jurnal, jika bisa untuk virus covid 19. "Kita sudah tahu jalur masuknya virus paling adalah lewat hidung dan mulut, bagaimana cara alat tersebut menangkal virus masuk ke dalam hidung dan juga mulut sedangkan kalung tersebut posisinya jauh di bawah mulut," katanya.

Kehadiran kalung anti corona jangan malah memperburuk keadaan penyebaran Covid-19. “Jangan sampai ini hanya pseudo sciences yang malah memperburuk keadaan penyebaran covid 19. Karena bisa timbul keyakinan besar di masyarakat dan akhirnya tidak konsen terhadap protokol kesehatan pandemi,” tandas Rizal.

#Dr   #Rizal   #Alaydrus   #MPH.kalung   #eucalyptus   #anti   #virus   #corona